Wednesday, October 22, 2008

Main Congklak Yuuk... ^_^


Hayo... siapa yang ngaku orang Indonesia, tapi ga kenal dengan permainan tradisional yang satu ini... ? *berani taruhan, pasti Jendulz ngacung paling pertama... hihihihi peace Jen... :P*

Beberapa waktu yang lalu *kayanya sekitar sebulan yang lalu deh...* sempet bilang sama adeku pas lagi jalan2 di pantai nusa dua sambil ngorek2 pasirnya berharap ketemu kerang yang bagus: "kangen juga ya main congklak...".
Eeehhh... semalem pas lagi hunting oleh-oleh di Erlangga ga sengaja liat kerang-kerang yang biasa dipake buat biji congklak itu dibungkusin di plastik gitu... trus disimpen satu kardus sama benda yang tampak seperti balok-balok kayu dengan pegangan dari tali dari bahan yang kasar. Karena penasaran dan sedikit curiga kalo itu adalah benda yang selama ini dicari-cari, akhirnya ditengok dulu deh... Eh... ternyata bener, itu adalah congklak saudara saudara... hahaha... Keren loh bentuknya... Papannya bisa dilipet gitu... jadi kaya papan catur gitu deh... keyeeennn... *norak ih, baru liat papan congklak yang begituan...hihihih... harap maklumlah... :P*



Duh... begitu liat itu, langsung deh bimbang... beli gak ya... beli gak ya... Trus akhirnya diputuskan untuk beli deh... hihihih... daripada kepikiran... :P

Begitu sampe di rumah, langsung dibuka trus dimainin deh... Duh... nostalgia banget ga sih... hihihih...

Pertama, buka dulu papan congklaknya.


Trus, masukin deh biji congklaknya ke lubangnya 7-7...
Tapi... oops, kok bijinya kurang ya...... langsung ngomel deh... "yah... begini mah sama aja, kudu nyari kerang tambahan lagi..." sambil ngejalanin biji yang udah lengkap. Tapi lagi... loh, kok pas dijalanin dari lubang yang paling ujung kok biji terakhirnya ga pas nyampe di rumahnya yah... kelebihan satu... Huehuehue... ternyata lubang yang kecilnya emang cuma ada 6 toh... Jadi ya harusnya pembagian bijinya ya cukup 6-6 aja... hihihi... Ga jadi nyari kerang deh... :P

Wah... mainan congklak emang menyenangkan sekali... apalagi kalo udah denger kerang-kerang yang saling beradu satu sama lain dan juga kerang yang jatoh di lubangya... cekres cekres... kletak kletuk... duh terasa merdu sekali di telinga... *hihihih jadi sok puitis ga jelas deh... :P*

5 comments:

sentelenggonjet said...

wheheh gw juga pernah nih posting congklak di returnfalse
http://returnfalse.wordpress.com/2008/03/28/mainan-kita-dulu/

dibawa donk kekantor ntar maen deh..
lah kok 6 biji doank.. ah ga seruu

lilmarch said...

wakakakak... males banget bawa2nya ke kantor... berat euy... :P klo mau, maen lah ke rumah gw... huehuehue...

kiddE.Inc said...

lama ga maen ke blognya tanti ^__^
gmn kabarnya... uhuk.. uhuk... ternyata gi sibuk maen congklak hehehhe

vion said...

Tantiii ... blog-nya update dong!!!

Congklaknya bawa ke kantor, yuks! Novi seneng maen congklak. :p

lilmarch said...

@angga: iya nih, lagi sibuk maen congklak aja tantinya... :P

@novi: hicks... lagi males ngeblog nih panda... blom dapet inspirasi... :( kalo tanti dapet poto panda lagi joget, pasti langsung semangat lagi ngeblognya deh... wakakakak *piss panda... ^_^v